Data Scientist Merupakan Pekerjaan yang Mudah?

Hallo Sobat Data!

Saat ini di era industri 4.0, data scientist menjadi salah satu pekerjaan yang dibutuhkan. Pada era ini, kebutuhan perusahaan akan data scientist tak sejalan dengan ketersediaan tenaga di bidang ini. Oleh karena itu saat ini pekerjaan tersebut sangat menarik para pemuda untuk menjadi seorang data scientist. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa saja sih yang dilakukan ketika kita menjadi seorang data scientist? Apakah sulit menjadi seorang data scientist?

Tugas seorang Data  Scientist

Seorang data scientist bekerja dalam bidang data. Mereka bertugas untuk mengumpulkan, membersihkan, dan merapikan data. Pastinya suatu data tidak selalu benar dan bersih yang di mana data tidak bisa selalu digunakan secara asal – asalan, oleh karena itu mereka bertugas agar suatu data tersebut dapat digunakan dan sudah diverifikasi. Ilmu yang harus dikuasi ketika menjadi seorang data scientist di antaranya ilmu komputer, matematika, dan statistik.

Dalam menjalankan tugasnya seorang data scientist tidak sesederhana hanya mengumpulkan, membersihkan, dan merapikan data saja. Misalnya dalam mengumpulkan data kita memerlukan model yang tepat dalam mengumpulkan data tersebut. Kita juga perlu terlibat dalam perencanaan yang strategis untuk menganalitik data.

Tools yang digunakan seorang Data Scientist

Seorang data scientist juga harus mampu menguasi ilmu komputer salah satunya menguasai dalam hal machine learning. Karena nantinya data yang akan kita olah sudah harus menggunakan teknologi yang sudah maju, beberapa tools yang digunakan seorang data scientist di antaranya R Studio, Python, R, Jupyter Notebooks, dan masih banyak lagi.

Permasalahan umum seorang Data Scientist

Tentunya dalam pekerjaan pastinya dibutuhkan soft skill. Sama halnya ketika menjadi seorang data scientist, diperlukan kemampuan seperti berkomunikasi, kerja sama tim, berpikir kritis, dan mampu mengambil keputusan. Masih banyak lagi soft skill yang perlu kita pelajari ketika menjadi seorang data scientist.

Setelah mengetahui bagaimana seorang data scientist bekerja, kita juga perlu mengetahui implementasi pekerjaan seorang data scientist. Beberapa di antaranya seperrti membantu mengolah data dalam suatu perusahaan, menganalisa trafik data yang tinggi dari data konsumen, dan yang tidak asing bagi kita yaitu menghitungan sensus penduduk.

Dari pembahasan tadi, kita dapat mengetahui bagimana tugas seorang data scientist dalam bekerja. Masih banyak pembahasan lain yang dapat menggambarkan pekerjaan seorang data scientist. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan tentang data science dan juga bisa memberikan dorongan bagi sobat data yang ingin menjadi seorang data scientist ya!

Related Post

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp : 0281-641629

WA  : 0812-2831-9222

Email : [email protected]

Website Official : ittelkom-pwt.ac.id

Website PMB : pmb.ittelkom-pwt.ac.id

Negara : Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Fakultas Informatika (FIF)

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Fakultas Informatika (FIF)

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Copyright ©2024 All Rights Reserved By PMB Institut Teknologi Telkom Purwokerto