Apakah Data Science?

Perkembangan teknologi melahirkan bidang kajian baru yaitu data science atau dikenal juga sains data (red:bahasa indonesia). Data Science termasuk rumpun bidang ilmu komputer. Ilmu data science merupakan irisan berbagai disiplin ilmu antara lain:

  • Matematika. Sub bidang ilmu yang dipelajari yaitu statistika, probabilitas, matematika dasar seperti kalkulus, matematika diksrit, aljabar linier.
  • Ilmu komputer/ informatika. Sub bidang ilmu yang dipelajari antara lain permrograman, basisdata, komunikasi data dan jaringan, machine learning, data mining, data processing, information retrieval, data analytic, visualisasi data atau penyajian data.
  • Domain knowledge, pengetahuan ini adalah bidang ilmu dimana data science akan diterapkan. Domain ini mencakup semua bidang baik ilmu alam, ilmu sosial dan bisnis. Contohnya, penerapan data science di bidang seperti kesehatan, pariwisata, pertanian, maupun bisnis.

Apa yang dilakukan Data Scientist?

Orang yang mempunyai keahlian data science disebut “data sceintist“. Saat ini, profesi di bidang data science terus berkembang sebagai salah satu jalur karier yang paling menjanjikan dan diminati. Para profesional data science yang sukses memahami bahwa mereka harus melampaui keterampilan standar dalam menganalisis sejumlah data yang besar, data mining, dan keterampilan pemrograman. Fungsi pokok seorang ahli data science adalah mengungkap informasi tersembunyi dalam data sehingga berguna bagi organisasi mereka.

Seorang data scientist adalah orang yang curious (penasaran) dan berorientasi pada hasil, dengan pengetahuan khusus bidang tertentu/ bisnis dan keterampilan komunikasi yang baik untuk menjelaskan hasil analitika kepada mitra non-teknis mereka. Para data scientist harus memiliki kemampuan yang kuat dalam statistik dan aljabar linier serta pengetahuan pemrograman yang fokus pada data warehousing, data mining, dan pemodelan untuk membangun dan menganalisis algoritma.

Mengapa Profesi Data Scientist Menarik?

Menurut situs pencari job Glassdoor menempatkan data scientist sebagai pekerjaan terbaik nomor 1 di Amerika pada tahun 2018 dan sekarang para data scientist paling dicari oleh perusahaan-perusahaan nasional, regional maupun global. Seiring dengan meningkatnya jumlah data yang semakin mudah diakses, perusahaan teknologi besar tidak lagi menjadi satu-satunya yang membutuhkan data scientist. Permintaan ahli data science juga meningkat dari lintas industri baik besar maupun kecil. Hal tersebut membuat kekurangan kandidat yang memenuhi syarat untuk mengisi posisi data scientist. Kondisi ini membuat peluang pekerjaan sebagai data scientist sangat terbuka luas. Maka giliran anda menentukan masa depan sebagai data scientist di era 4.0.

Statistik berikut menggambarkan betapa prospek kerja di bidang data science sangat menjanjikan.

28%$120,9314,524
Demand Increase by 2020Average Base SalaryNumber of Job Openings
Sources: Glassdoor External link  and Forbes External link 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *